Iklan

Studi: Teman Sejati di Media Sosial Itu Sedikit

Posted by CB Blogger on January 25, 2016

media sosial Facebook
SEBUAH studi menunjukkan hanya sebagian kecil dari teman Anda di media sosial Facebook yang benar-benar menjadi sahabat Anda.

Seorang profesor psikologi di Oxford University, Robin Dunbar, melakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan koneksi antara teman di Facebook dan teman di dunia nyata.

Dunbar menemukan pada pertemanan di media sosial, sangat sedikit hubungan yang benar-benar terjadi seperti komunikasi secara rutin.

Penelitian tersebut menggunakan koresponden yang memiliki rata-rata teman sejumlah 150 akun di Facebook. Namun hanya 14 dari mereka yang menunjukkan simpati ketika sesuatu yang buruk terjadi.

Rata-rata koresponden menyatakan hanya 27 persen dari jumlah teman di Facebook mereka yang benar-benar menjadi selayaknya teman. Kebanyakan, teman-teman itu adalah orang yang kerap Anda temui secara rutin di dunia nyata.

Jumlah tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda bila dibandingkan di dunia nyata. Namun, banyaknya daftar pertemanan di media sosial yang ada mengartikan orang dapat terkecoh dan mengira akan memiliki lebih banyak teman dekat.

"Ada kendala kognitif dari ukuran jaringan sosial yang bahkan tak dapat diatasi dari keuntungan berkomunikasi di media daring," kata Dunvar, seperti dikutip CNN Indonesia dari Telegraph.

"Dalam bentuk praktis, ini mungkin menggambarkan kenyataan bahwa hubungan yang nyata membutuhkan setidaknya kesempatan bertatap muka untuk menjaga hubungan tersebut."

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa teman di Facebook cenderung terbagi menjadi beberapa lapis. Sekitar lima orang akan menjadi yang paling dekat, kemudian 15 orang selanjutnya, lalu 50, dan 150 orang yang semakin besar dan minim keakrabannya.

Jadi, teman sejati lebih banyak di dunia nyata. Jangan andalkan Facebook untuk menemukan teman sejati.*


» Thanks for reading: Studi: Teman Sejati di Media Sosial Itu Sedikit

Related Posts

NJW Magz Updated at: January 25, 2016

0 komentar :

Post a Comment

Follow by Email

Iklan